STRATEGI PEMASARAN

 Hallo teman teman, kembali lagi dengan saya, disini saya akan menulis tentang strategi pemasaran 

Yuk kita bahas!!



Strategi di bagi ke dalam :

◦Strategi produk 

◦Strategi harga 

◦ Strategi lokasi dan distribusi 

◦Strategi promosi


Strategi Produk ------- strategi marketing mix

Karena, yang akan dijual adalah produk dan konsumen akan mengenal perusahaan melalui produk yang ditawarkan


 Tujuan Event

1. Memasarkan event pada target yang telahditetapkan. Target yang dimaksud adalah siapa yang akan menghadiri event.

2. Melihat siapa yang akan menjadi target event, harus dapat dijelaskan karakteristik target yang dituju ( Event secara online)


Produk dapat dibedakan 2 jenis

1.Produk fisik ( berwujud)
cth. Buku, meja, kursi, rumah , mobil dll

2.Produk yang tak berwujud (jasa)
jasa dapat disediakan dalam berbagai wahana
Cth. Pribadi, tempat kegiatan, organisasi dan ide-ide

Dalam mengembangkan strategi produk :

1.Menentukan logo dan motto 
2.Menciptakan merek 
3.Menciptakan kemasan 
4.Keputusan label

 4 macam sarana promosi yang digunakan :

1.Periklanan ( advertising)
2.Promosi penjualan (sales promotion) 
3.Publisitas (publicity)
4.Penjualan pribadi (personal selling)

Media yang digunakan :

1.Pemasangan Billboard
2.Pencetakan brosur
3.Pemasangan spanduk
4.Pemasangan iklan melalui media cetak (majalah, koran, tabloid dll)
5.Pemasangan iklan media elektronik (televisi, rdaio, internet, film dll)

  Beberapa cara yang perlu diperhatikan:

1. Mengetahui sebanyak mungkin hal tentang pangsa event yang dituju
2.Memilah pangsa pasar sesuai segmen atau kelompok yang ada
3.Teknik apa yang tepat untuk menarik mangsa pasar datang untuk join
4. Menetapkan harga sesuai dengan segmen atau kelompok yang telah ditetapkan

  Event menarik perhatian peserta yaitu sbb :

1.Harga tiket dapat terjangkau ( Ada promosi )
2.Ada tema dan tayanga menarik yang di suguhkan di layar zoom
3.Ada performance hiburan
4.Pelayanan ?humas yang bersahabat melayani peserta untuk memberikan informasi
5. Tokoh atau narasumber yang berkompeten menguapas tema dan tayangan 
6. Desain dan warna yang menarik pada media promosi
7. Publikasi promosi yang rutin di share dan di tawarkan ke masyarakat

Sumber : PPT MATERI 6_Strategi Pemasaran Mata Kuliah Integrated Marketing Communication
Dosen Pengampu : Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Pengertian, dan Strategi

Perbandingan Antara Integrated Marketing Communication (IMC) Klasik dan IMC Modern , SOSTAC MARKETING, Konsep Push, Pull dan Pass, target market dan Media IMC

MEMBEDAH KODE ETIK PERS, PENYIARAN DAN MEDIA SIBER