MEMAHAMI SISI DALAM MARKETING
Hallo para pembaca, kali ini saya akan membagikan materi sisi dalam marketing
Semoga bermanfaat
Marketing is managing profitable customer relationship"
TUJUAN GANDA MARKETING
Menarik konsumen baru dengan menjanjikan superior value/Keep & grow current customer by delivering satisfaction.
Marketing Mix?
2. Price : Harga merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen sasaran untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Penetapan harga tergantung pada nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika suatu produk memiliki harga yang murah maka dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.
3. Place : Tempat mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik atau gudang, saat ini elemen tempat juga bisa berbentuk digital seperti media sosial, marketplace, website dan lain sebagainya.
4. Promotion : Setelah Anda menentukan produk, harga dan tempat, kini saatnya menerapkan strategi promosi. Promosi merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk Anda agar dapat mencapai target pasar dan menghasilkan penjualan. Anda bisa berpromosi dengan menggunakan katalog, billboard, brosur, iklan TV, dll. Namun karena perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang memilih menggunakan strategi promosi digital yaitu dengan menggunakan media sosial, website, iklan bayar per klik, atau lainnya.
Product : Produk adalah sesuatu yang dapat dijual oleh suatu perusahaan, baik berupa jasa, jasa, barang ataupun produk digital. Dalam mengembangkan suatu produk, Anda perlu menentukan terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan pasar atau tidak. Selain itu, produk yang Anda jual juga harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen sasaran Anda.
2. Price : Harga merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen sasaran untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Penetapan harga tergantung pada nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika suatu produk memiliki harga yang murah maka dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.
3. Place : Tempat mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik atau gudang, saat ini elemen tempat juga bisa berbentuk digital seperti media sosial, marketplace, website dan lain sebagainya.
4. Promotion : Setelah Anda menentukan produk, harga dan tempat, kini saatnya menerapkan strategi promosi. Promosi merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk Anda agar dapat mencapai target pasar dan menghasilkan penjualan. Anda bisa berpromosi dengan menggunakan katalog, billboard, brosur, iklan TV, dll. Namun karena perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang memilih menggunakan strategi promosi digital yaitu dengan menggunakan media sosial, website, iklan bayar per klik, atau lainnya.
Product : Produk adalah sesuatu yang dapat dijual oleh suatu perusahaan, baik berupa jasa, jasa, barang ataupun produk digital. Dalam mengembangkan suatu produk, Anda perlu menentukan terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan pasar atau tidak. Selain itu, produk yang Anda jual juga harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen sasaran Anda.
2. Price : Harga merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen sasaran untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Penetapan harga tergantung pada nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika suatu produk memiliki harga yang murah maka dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.
3. Place : Tempat mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik atau gudang, saat ini elemen tempat juga bisa berbentuk digital seperti media sosial, marketplace, website dan lain sebagainya.
4. Promotion : Setelah Anda menentukan produk, harga dan tempat, kini saatnya menerapkan strategi promosi. Promosi merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk Anda agar dapat mencapai target pasar dan menghasilkan penjualan. Anda bisa berpromosi dengan menggunakan katalog, billboard, brosur, iklan TV, dll. Namun karena perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang memilih menggunakan strategi promosi digital yaitu dengan menggunakan media sosial, website, iklan bayar per klik, atau lainnya.
Promotion Mix
1. Advertising : Spesific tools untuk advertising Iklan broadcast,iklan chetah,internet,mobile,OOH dll
Sumber Referensi : PPT materi ibu Serepina Tiur Maida, S.sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC. /
Dosen Pengampu : Ibu Serepina Tiur Maida, S.sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC
Komentar
Posting Komentar