MEMAHAMI SISI DALAM MARKETING

Hallo para pembaca, kali ini saya akan membagikan materi sisi dalam marketing

Semoga bermanfaat 

Marketing is managing profitable customer relationship"

TUJUAN GANDA MARKETING

Menarik konsumen baru dengan menjanjikan superior value/Keep & grow current customer by delivering satisfaction.

Marketing Mix?



1 Product : Produk adalah sesuatu yang dapat dijual oleh suatu perusahaan, baik berupa jasa, jasa, barang ataupun produk digital. Dalam mengembangkan suatu produk, Anda perlu menentukan terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan pasar atau tidak. Selain itu, produk yang Anda jual juga harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen sasaran Anda.

2. Price : Harga merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen sasaran untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Penetapan harga tergantung pada nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika suatu produk memiliki harga yang murah maka dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.

3. Place : Tempat mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik atau gudang, saat ini elemen tempat juga bisa berbentuk digital seperti media sosial, marketplace, website dan lain sebagainya. 

4. Promotion : Setelah Anda menentukan produk, harga dan tempat, kini saatnya menerapkan strategi promosi. Promosi merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk Anda agar dapat mencapai target pasar dan menghasilkan penjualan. Anda bisa berpromosi dengan menggunakan katalog, billboard, brosur, iklan TV, dll. Namun karena perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang memilih menggunakan strategi promosi digital yaitu dengan menggunakan media sosial, website, iklan bayar per klik, atau lainnya.


Product : Produk adalah sesuatu yang dapat dijual oleh suatu perusahaan, baik berupa jasa, jasa, barang ataupun produk digital. Dalam mengembangkan suatu produk, Anda perlu menentukan terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan pasar atau tidak. Selain itu, produk yang Anda jual juga harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen sasaran Anda.

2. Price : Harga merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen sasaran untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Penetapan harga tergantung pada nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika suatu produk memiliki harga yang murah maka dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.

3. Place : Tempat mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik atau gudang, saat ini elemen tempat juga bisa berbentuk digital seperti media sosial, marketplace, website dan lain sebagainya. 

4. Promotion : Setelah Anda menentukan produk, harga dan tempat, kini saatnya menerapkan strategi promosi. Promosi merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk Anda agar dapat mencapai target pasar dan menghasilkan penjualan. Anda bisa berpromosi dengan menggunakan katalog, billboard, brosur, iklan TV, dll. Namun karena perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang memilih menggunakan strategi promosi digital yaitu dengan menggunakan media sosial, website, iklan bayar per klik, atau lainnya.

Product : Produk adalah sesuatu yang dapat dijual oleh suatu perusahaan, baik berupa jasa, jasa, barang ataupun produk digital. Dalam mengembangkan suatu produk, Anda perlu menentukan terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan pasar atau tidak. Selain itu, produk yang Anda jual juga harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen sasaran Anda.

2. Price : Harga merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen sasaran untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Penetapan harga tergantung pada nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika suatu produk memiliki harga yang murah maka dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.

3. Place : Tempat mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik atau gudang, saat ini elemen tempat juga bisa berbentuk digital seperti media sosial, marketplace, website dan lain sebagainya. 

4. Promotion : Setelah Anda menentukan produk, harga dan tempat, kini saatnya menerapkan strategi promosi. Promosi merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk Anda agar dapat mencapai target pasar dan menghasilkan penjualan. Anda bisa berpromosi dengan menggunakan katalog, billboard, brosur, iklan TV, dll. Namun karena perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang memilih menggunakan strategi promosi digital yaitu dengan menggunakan media sosial, website, iklan bayar per klik, atau lainnya.

 

Promotion Mix

1. Advertising : Spesific tools untuk advertising Iklan broadcast,iklan chetah,internet,mobile,OOH dll


2. Sales Promotion : Diskon,kupon,display dan demontrasi

3. Personal Selling : Sales Presentation, trade show dan incentive programs

4. Public Relations : Press releases, event.sponsorship dan web page

5. Direct Marketing : Katalog,direct-response TV,kios,internet,mobile banking dll



>  Promotion Mix, disebut juga dengan Marketing Communication Mix
> Adalah gabungan tools2 marketing : adv, PR, personal selling, sales promotion, dan direct marketing;
>  yang dipakai perusahaan untuk mengkomunikasikan customer value secara persuasif & membangun hubungan dengan konsumen

Akan tetapi, sebenarnya komponen marketing mix lainnya (desain product, price, packaging, toko yang menjualnya) harus juga bisa mengkomunikasikan produk pada konsumen
Karenanya semua komponen marketing mix, mulai dari Product, Price, Place, Promotion, harusnya terkoordinasi

Marketing Communication

-  Beberapa puluh tahun lalu, khususnya di era pemasaran tradisional, marketer hanya mengenal strategi 
   mass-marketing
-  Mereka menjual produk yang terstandardisasi, nyaris seragam, pada konsumen yang massal. Promosi 
   dilakukan dengan pasang satu jenis iklan untuk me-reach jutaan orang
- Sekarang di era digital, kondisi, teknologi, dan karakteristik audiens berubah

Karakteristik Digital Marketing

Apa saja yang membedakan era digital marketing dengan pemasaran tradisional?

1. Konsumen

Konsumen skrg lebih terinformasi, lebih berdaya
Sebelum beli produk, konsumen akan mencari informasi dulu dengan browsing, membandingkan harga di e-commerce, dll
Konsumen2 dapat saling terhubung untuk sharing info terkait produk, bahkan bisa menciptakan marketing message sendiri

2. Strategi Marketing

*Marketnya saja sudah terkotak-kotak, bukan massal
* Jadi marketer bakal membuat strategi/program yang paling cocok untuk masing2 segmen
*Tiap platform punya audiens masing-masing (ex: pengguna IG beda karakternya dengan pengguna FB)
*Program didesain agar bisa lebih dekat dengan konsumen

3. Teknologi Komunikasi

*Digitalisasi membuat perusahaan memikirkan cara baru utk berkomunikasi dgn konsumen,   
    menggunakan perangkat2 teknologi
*Media tradisional (koran, TV, majalah, dll) masih penting tapi dominasinya menurun
*Dengan tidak relevannnya mass marketing, advertiser memilih utk memakai media2 yang lebih variatif, 
    specialized, dan highly- targeted; dengan menampilkan pesan2 yang lebih personalized & interaktif


Berikut pembahasan mengenai "Sisi dalam Marketing". semoga para pembaca damat mengertii dan ilmu nya dapat bermanfaat untuk teman-teman . Terimakasih

Sumber Referensi : PPT materi ibu Serepina Tiur Maida, S.sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC. /

Dosen Pengampu :  Ibu Serepina Tiur Maida, S.sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Pengertian, dan Strategi

Perbandingan Antara Integrated Marketing Communication (IMC) Klasik dan IMC Modern , SOSTAC MARKETING, Konsep Push, Pull dan Pass, target market dan Media IMC

MEMBEDAH KODE ETIK PERS, PENYIARAN DAN MEDIA SIBER